Sunday, June 3, 2007

Novel inspirational --



This book is one of my favorite.
Dari sekian banyak buku cerita, ini menjadi pilihan buku favoritku.
The Miraculous Journey Of Edward Tulane, oleh Kate Di Camillo ini menceritakan bagaimana Edward, sebuah ‘boneka’ porselen yang sangat manja dan diberi pakaian mewah merasa dirinya berharga, sehingga ia tidak pernah berpikir akan menyayangi. Padahal Abillene sang pemilik sangat menyayangi ‘boneka’ porselen kelinci yang manja dan sombong itu. Tetapi setelah cerita Pellegrina sang Nenek yang menceritakan bagimana tidak beruntungnya seseorang yang tidak pernah mengenal kata sayang.
Hingga suatu hari karena suatu hal Edward terjatuh dari kapal pesiar dan di ‘pungut’ oleh berbagai macam orang, dari mulai nelayan hingga seorang anak yang sedang menanti ajalnya, berbeda karakter, dan berbeda perlakuan, membuat Edward yang selama proses berpindah tangan berganti nama ini, mengetahui bagaimana pentingnya kasih sayang, dan merasakan bagaimana rasanya kehilangan. Bagaimana ia merasakan kehilangan itu setelah Abillene tidak berada di sisinya. padahal dulu ia sama sekali tidak peduli dengan apa yang telah di berikan oleh Abillene, hingga ia sadar, orang yang paling penting adalah orang yang selama ini ternyata berada dekat dengannya. Meski berjauhan ia selalu teringat dan meski ia sudah berpindah tangan tetap ia kembli pada apa yang sudah di takdirkannya.
“ Orang akan sadar sesuatu itu berharga, bila kita sudah kehilangan. Perubahan itu butuh sebuah proses yang membuat kita matang dan berpikir bahwa kebenaranlah yang akan terlihat, bukan mencari pembenaran diri dan sombong sehingga kita akan tahu resiko yang kita dapat apabila kita merasa ‘lebih’ dan meremehkan sesuatu ”

No comments: