Friday, June 1, 2007

You should know....

MAKANAN UNTUK MENCEGAH PENYAKIT JANTUNG, KANKER, DAN EFEK PENUAAN.

Para ahli menganjurkan makan makanan dari tumbuhan yang berwarna cerah. Masing-masing makanan berwarna cerah ini menganung phytonutrient tumbuhan yang dirancang untuk melindungi tubuh dari sinar matahari. Tumbuhan menciptakan zat kimia berkhasiat anti-inflammatory dan antioksidan. Para ahli juga menganjurkan makan paling sedikit 9 saji buah-buahan dibawah ini :

BUAH / SAYURAN BERWARNA MERAH.
Buah dan sayuran yang berwarna merah seperti semangka, strawberry dan tomat mengandung lycopene yang disinyalir dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan beberapa penyakit kanker. Selain itu Resveratrol yang terkandung dalam anggur merah dan Wine merah dapat membentu menagatasi penyakit paru dan asma. Juga dapat membantu menurunkan resiko penyakit Jantung.
PILIHAN BAIK :
Tomat, bawang Bombay merah, semangka, anggur merah, strawberry, lobak merah, cranberry, paprika merah, grapefruit merah.

BUAH / SAYURAN BERWARNA NILA.
Makanan warna nila atau ungu seperti berry dan buah anggur mengandung ellagic acid. Sejenis senyawa anti penuaan yang sapat mencegah kanker
PILIHAN BAIK :
Plum, terung, anggur, kismis, prune, fig, bawang Bombay ungu, kol ungu

BUAH / SAYURAN BERWARNA BIRU
Blueberry kaya zat kimia anti-inflammatory dan pencegah kanker. Riset baru menunjukan, blueberry membantu manjaga ingatan tetap jernih.
PILIHAN BAIK :
Blueberry. Studi menunjukan blueberry mengandung antioksidan disbanding hampir semua makanan lainnya.

BUAH / SAYURAN BERWARNA HIJAU
Sayuran hijau ini mengandung lutein dan zeaxanthin, dua karotenoid yang melindungi penglihatan dan menurunkan resiko mengembangkan macular degeration, penyakit mata tak tersembuhkan yang dapat menyebabkan kebutaan. Brokoli, kol dan sayuran cruciferous lainnya mengandung senyawa-senyawa yang di kenal sebagai isothiocyanates yang didalamnya terkandung senyawa antikanker.
PILIHAN BAIK :
Kiwi, brokoli, lettuce romaine, bayam, Brussels sprouts, kol melon honeydew, avokad.

BUAH / SAYUR BERWARNA JINGGA
Makanan warna jingga kaya akan beta karoten yang dapat membantu meningkatkan system imun, mempertahankan kulit dan tulang yang sehat serta menjaga kesehatan mata. Potassium di dalam buah sitrus membantu mencegah penyakit jantung.
PILIHAN BAIK :
Wortel, apricot, mangga, orange, labu kuning, cantaloupe, ubi jalar.

BUAH / SAYUR BERWARNA PUTIH
Allicin, sejenis senyawa yang terdapat di dalam bawang dan bawang putih, dapat mencegah pertumbumbuhan tumor. Sebagian makanan putih juga mengandung flavonoid yang membantu menurunkan resiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.
PILIHAN BAIK :
Bengkuang, pir, pisang, kembang kol, jamur, bawang, bawang putih


BUAH / SAYUR BERWARNA KUNING
Dalam laboratorium, limonoids, sejenis senyawa yang terdapat dala buah sitrus menunjukkan dapat membantu mencegah kanker kulit, paru, payudara, perut dan kolon. Paprika kuning kaya vitamin C yang menguatkan system imun.
PILIHAN BAIK :
Paprika kuning, nanas, lemon, labu kuning, jagung kuning.
Keterangan sumber : TABLOID AURA – edisi 13/th.XI/ Minggu ke-2/11-17 april 2007

No comments: